-->

Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) SMK

PKL atau Praktik Kerja Lapangan merupakan salah satu hal yang pasti dilalui oleh para siswa SMK/MAK. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2020 yang mengatur tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik.

PKL tentunya memberikan banyak hal baru bagi peserta didik, mulai dari kenalan baru, lingkungan baru, ilmu baru, kebiasaan baru dan juga mungkin gebetan baru 😅

Usai melaksanakan PKL pastinya para siswa dituntut untuk membuat Laporan PKL. Nah di artikel kali ini akan kita bahas tata cara dan aturan dalam penulisan laporan PKL disertai dengan contoh bentuk laporannya.

Aturan Penulisan Laporan PKL

  • Ukuran Kertas :  A4
  • Jenis Font        :  Time New Roman
  • Ukuran Font    :  12 px
  • Spasi                :  1,5
  • Paragraf           :  Rata Kanan - Kiri
  • Margin             :  4 - 3 - 4 - 3

Laporan-PKL-SMK

Ukuran dan Jenis Kertas

Kertas yang dipakai untuk pembuatan Laporan PKL adalah kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm). Untuk pengaturan setting kertas ini dapat dilihat dari langkah-langkah pada gambar berikut ini :

Cara-Setting-Kertas

Jenis dan Ukuran Font

Untuk Font yang digunakan dalam penulisan laporan PKL kita gunakan jenis font yang formal dan umum pada penulisan karya ilmiah, yaitu jenis font Times New Roman, dengan ukuran 12 px.

Adapun untuk pengaturan jenis dan ukuran font yang kita gunakan dapat mengikuti langkah-langkah pada gambar di bawah ini :

Cara Mengatur Font

Spasi dan Paragraf

Mengikuti aturan baku dalam penulisan karya ilmiah, maka ukuran spasi yang kita gunakan adalah 1,5 dengan pengaturan paragraf rata kanan-kiri. Untuk setting spasi dan paragraf dapat mengikuti langkah-langkah dalam gambar berikut :

Spasi dan Paragraf

Ukuran Margins

Margins adalah ukuran batas penulisan dari tepi atas, bawah, kanan dan kiri kertas yang kita gunakan. Aturan baku untuk ukuran margins sesuai dengan aturan baku penulisan karya ilmiah adalah :

  • Top (atas)             :  4 cm
  • Bottom (bawah)   :  3 cm 
  • Left (kiri)              :  4 cm
  • Right (kanan)       :  3 cm
Untuk cara setting ukuran margins dapat mengikuti langkah-langkah dalam gambar berikut :

Mengatur Margins


Contoh Laporan PKL SMK

Sebagai bahan referensi dan rujukan dalam menyusun dan membuat laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) berikut ini dapat di lihat dan di download contoh laporan PKL SMK pada tautan berikut ini :

Template Laporan PKL SMK

Untuk membantu mempermudah dalam pembuatan laporan PKL, silahkan download template Laporan PKL pada link berikut ini :

>> Template Laporan PKL SMKN 2 Metro Tahun 2022


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel