-->

Cara Kerja Timer (Time Delay Relay)

Time Delay Relay merupakan salah satu komponen yang banyak dipergunakan pada sistem kontrol listrik. Dalam bahasa Indonesia Timer Delay Relay diterjemahkan menjadi "Relay Penunda Waktu".

TDR lebih dikenal dengan sebutan Timer yang digunakan sebagai pengatur waktu delay untuk menghidupkan (ON) dan mematikan (OFF) pada suatu rangkaian.

Contoh aplikasi TDR yang banyak digunakan pada pengontrolan instalasi motor listrik adalah:

  • Rangkaian Star-Delta secara otomatis pada pengasutan motor 3 phase
  • Rangkaian putaran motor (putar kanan-kiri) secara otomatis
  • Rangkaian kecepatan putaran motor secara otomatis dan lain-lain

Konstruksi Time Delay Relay (TDR)

Pada pembahasan kali ini akan kita ambil contoh TDR merk Omron H3BA yang umum digunakan sebagai Timer pada rangkaian sistem kontrol listrik.

Timer-Omron-H3BA

Output Indicator

Berupa lampu tanda yang akan ON (warna merah) jika TDR aktif. Lampu akan berkedip untuk mencounter/ menghitung sampai kontak bergerak. 

Ketika kontak sudah bergerak lampu tetap menyala (berhenti berkedip) selama TDR masih mendapat sumber.

Scale Range Display Window

Berupa garis Skala untuk menentukan settingan pewaktu yang diinginkan.

Time Range Selector

Berupa knob yang bisa diputar untuk menempatkan jarum penunjuk (warna merah) untuk menentukan lamanya waktu tunda yang diinginkan pada garis skala,

Time Unit Display Window

Menunjukkan settingan satuan waktu yang digunakan. Pada Timer Omron H3BA pilihan yang tersedia yaitu Sec (detik), Min (menit), Hrs (jam) dan 10h (10 jam) 

Rated Time Selector

Menyerupai sekrup (+) yang bisa diputar untuk menentukan/ setting rentang waktu yang akan digunakan, Apabila kita putar dengan menggunakan obeng maka range angka-angkanya akan berubah.

Pada Timer Omron H3BA range angka waktunya yaitu :
  • 0 sampai dengan 10 (0 - 2 - 4 - 6 - 8 -10) 
  • 0 sampai dengan 5 (0 - 1 - 2 - 3 - 4 - 5)
  • 0 sampai dengan 1 (0 - 0,2 - 0,4 - 0,6 - 0,8 - 1)
  • 0 sampai dengan 0,5 (0 - 0,1 - 0,2 - 0,3 - 0,4 - 0,5)

Time Unit Selector

Menyerupai sekrup (+) yang bisa diputar untuk menentukan/ setting satuan waktu yang akan digunakan. 

Apabila kita putar dengan menggunakan obeng maka satuan waktu yang tertampil pada Time Unit Display akan berubah, yaitu Hrs, Min, Sec dan 10 h

Wiring TDR Omron H3BA

Timer-Omron-H3BA

Pada Time Delay Relay (TDR) Omron H3BA terdapat 8 pin terminal yang fungsinya dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Terminal 2 dan 7 berfungsi sebagai input power supply/ catu daya ke coil. Dimana saat power supply diberikan maka TDR akan mulai bekerja untuk menghitung waktu sesuai dengan settingan waktu tundanya.
  • Terminal 1 dan 3 berfungsi sebagai Kontak NO (Normaly Open). Dimana pada saat kondisi awal adalah terputus dan akan terhubung setelah waktu tundanya sudah tercapai.
  • Terminal 1 dan 4 berfungsi sebagai Kontak NC (Normaly Close). Dimana pada saat kondisi awal adalah terhubung dan akan terputus setelah waktu tundanya sudah tercapai.
  • Terminal 8 dan 5 berfungsi sebagai Kontak NC (Normaly Close)
  • Terminal 8 dan 6 berfungsi sebagai Kontak NO (Normaly Open)


Cara Kerja Time Delay Relay (TDR)

Ketika catu/sumber daya diberikan pada coil TDR, maka perpindahan kontak NO dan NC pada TDR akan terjadi dengan jeda waktu sesuai dengan settingan yang telah diatur. 

Adanya jeda waktu perpindahan kontak inilah yang menjadi perbedaan antara TDR dengan relay biasa. Pada relay biasa ketika catu/sumber daya diberikan pada coilnya, maka kontak NO dan NC nya akan langsung berpindah tanpa adanya jeda waktu.

Saat coil TDR (2-7) mendapat arus/ sumber listrik maka TDR akan mulai menghitung sesuai dengan settingan yang telah diset.

Ketika waktu jeda sesuai setting telah tercapai maka kontak NO TDR (1-3) dan (8-6) yang sebelumnya terputus akan terhubung. Sebaliknya kontak NC TDR (1-4) dan (8-5) yang sebelumnya terhubung akan terputus. 

Kondisi NO dan NC ini akan bertahan selama coil masih mendapat arus/ sumber listrik, dan hanya akan kembali ke kondisi seperti awal apabila sumber listrik ke coil diputuskan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel