-->

Cara Pump Down Sebelum Membongkar AC Split

Memindah AC

Apabila anda ingin memindahkan AC rumah anda ke lokasi yang berbeda tentu saja anda perlu membongkar instalasi AC yang sudah terpasang tersebut.

Pindah rumah atau mungkin sekedar pindah ke kamar yang berbeda tetap saja anda perlu membongkar AC tersebut sebelum memindahkannya.

Membongkar AC memang terlihat tidak begitu sulit dan mungkin anda pun merasa hal itu mudah dilakukan. Namun perlu anda ketahui membongkar AC tidak boleh sembarangan bongkar dan perlu pengetahuan khusus tentang AC. 

Sekilas Tentang AC

Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan merupakan sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mengambil panas di dalam ruangan dan kemudian membuang panas tersebut keluar ruangan. (Baca : Prinsip Kerja dan Cara AC Mendinginkan Ruangan).

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada sistem AC terdapat bahan pendingin bernama refrigerant atau biasa disebut "freon". Refrigerant (freon) ini bersirkulasi di dalam sistem AC. Keberadaan refrigerant (freon) inilah yang menyebabkan AC bisa mengambil dan membuang panas.
Cara-Kerja-AC
Secara umum jenis AC split yang biasanya digunakan di rumah-rumah terbagi menjadi dua bagian unit besar, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Kedua unit tersebut terhubungkan oleh pipa-pipa tembaga yang di dalamnya mengalir refrigerant (freon).
Indoor-Outdoor-AC
Nah, apabila kita ingin membongkar AC yang sudah terpasang maka kita wajib menyimpan dahulu refrigerant (freon) yang ada agar bisa digunakan lagi dan tidak terbuang sia-sia. 

Dalam dunia teknisi AC penyimpanan refrigerant (freon) sebelum dilakukan pembongkaran dinamakan "pump down". Apa itu pump down dan Bagaimana caranya?

Pump Down

Pump down merupakan suatu proses penyimpanan refrigerant (freon) ke dalam unit outdoor. 

Pump down harus dilakukan sebelum kita melepas pipa-pipa yang menghubungkan antara indoor dan outdoor

Cara Melakukan Pump Down

Peralatan yang harus anda siapkan untuk melakukan pump down adalah kunci inggris dan kunci L sesuai ukuran pada kran 3 way dan 2 way.
Cara-Membongkar-AC-Split

 
Langkah melakukan pump down :
  1. Hidupkan unit AC dan pastikan kompressor yang berada di outdoor unit sudah hidup. (Indikasi : dari getaran dan bunyi kompressor)
  2. Pastikan penutup pentil pengisian terpasang dengan kencang
  3. Buka penutup kran 2 way dan 3 way menggunakan kunci inggris
  4. Tutup keran 2 way dengan menggunakan kunci L (putar searah jarum jam)
  5. Rasakan hembusan angin pada kipas outdoor. Apabila sudah tidak terasa hangat itu artinya refrigerant sudah masuk seluruhnya ke outdoor
  6. Tutup keran 3 way dengan menggunakan kunci L
  7. Segera matikan AC dan pasang kembali penutup kran 2 way dan 3 way.
Pump down selesai dilakukan dan refrigerant (freon) telah tersimpan di dalam unit outdoor. Selanjutnya dapat dilakukan pembongkaran unit AC.

Pump Down Menggunakan Manifold

Langkah pump down di atas menggunakan "feeling" pada hembusan angin outdoor untuk mengira-ngira bahwa refrigerant (freon) sudah masuk semua ke unit outdoor.

Apabila ingin lebih akurat, anda bisa menggunakan manifold untuk melihat ukuran refrigerant. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu :
  1. Hidupkan unit AC dan pastikan Kompressor yang berada di outdoor sudah hidup
  2. Pasangkan manifold selang warna biru pada pentil pengisian /service port di keran 3 way (sebelumnya pastikan kran manifold pada posisi tertutup)
  3. Buka penutup kran 2 way dan 3 way menggunakan kunci inggris
  4. Tutup keran 2 way dengan menggunakan kunci L (putar searah jarum jam)
  5. Lihat penunjukkan jarum manifold yang turun menuju ke angka 0 psi
  6. Apabila jarum manifold sudah mendekati angka 0 segera tutup keran 3 way dengan menggunakan kunci L
  7. Segera matikan AC
Nah itu tadi cara melakukan pump down. Jangan lupa ya gaess sebelum membongkar AC yang terpasang lakukan dulu pump down agar refrigerant (freon) AC tidak terbuang sia-sia.

Selain mengakibatkan kerugian secara ekonomi terbuangnya refrigerant (freon) ke udara juga mengakibatkan pencemaran udara. 

Semoga tulisan ini bermanfaat...

Salam pojokdingin!!!



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel