-->

Warna Tabung Refrigeran

Refrigerant atau freon merupakan zat yang digunakan sebagai bahan pendingin pada sistem refrigerasi kompresi uap. Keberadaan refrigerant di dalam sistem pendingin adalah wajib, karena tanpa adanya refrigerant maka tidak akan dapat terjadi proses pemindahan panas. 

Seperti yang telah dijelaskan di artikel Jenis-Jenis Refrigerant sebelumnya. Refrigerant memiliki banyak jenis dan telah mengalami perubahan penggunaan dari masa ke masa.

Warna Tabung Refrigerant
Kode Warna Tabung Refrigerant 

Banyaknya jenis refrigerant membuat produsen refrigerant memberikan kode berupa warna cat yang berbeda pada tabung refrigerant. 

Pemberian kode warna tabung refrigerant ini dimaksudkan untuk mempermudah dan mempercepat dalam mengenali jenis refrigerant yang ada di dalam tabung refrigerant tersebut.

Kesalahan dalam mengidentifikasi refrigerant dapat menyebabkan masalah yang serius menyangkut keamanan, karena refrigerant memiliki tekanan operasi dan juga sifat fisik yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Berikut adalah beberapa Kode Warna Tabung Refrigerant yang pernah ada :

A. Refrigerant Kelompok CFC

Warna Tabung Refrigerant

B. Refrigerant Kelompok HCFC

Warna Tabung Refrigerant

C. Refrigerant Kelompok HFC

Warna Tabung Refrigerant

Di masa depan semua Refrigerant kelompok CFC dan HCFC akan dihapuskan karena berdampak terhadap perusakan lapisan ozon.

Standarisasi Baru Warna Tabung Refrigerant

Banyaknya warna tabung refrigerant yang hampir mirip menimbulkan kebingungan dan juga rawan akan kesalahan. Oleh karena itu untuk mengatasi kebingungan akan kode warna tabung refrigerant, AHRI telah mengumumkan penetapan warna tabung refrigerant. 

Pengumuman tersebut menetapkan bahwa semua tabung refrigerant harus memiliki warna cat yang sama untuk mengakhiri kebingungan antar warna tabung yang hampir sama (serupa/mirip). 

Jumlah warna tabung refrigerant yang sebelumnya amat banyak layaknya pelangi itu akan dikurangi menjadi hanya satu warna yaitu warna abu-abu muda/hijau berdasarkan Kode Warna RAL 7044 pada tahun 2020. 

Pada sistem pengkodean yang baru tabung refrigerant akan ditandai dengan jelas dimana refrigerant akan diidentifikasi dengan nomer produk pada tabungnya. Tabung yang berisi refrigerant yang mudah terbakar akan memiliki pita merah. 

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Pedoman AHRI "Guideline N-2017 : Assignment of Refrigerant Container Colors"

Air Conditioning, Heating and Refrigeration Institute (AHRI)

AHRI merupakan assosiasi perdagangan untuk produsen Air Conditioning (AC), Heating (pemanas) dan Refrigeration (peralatan pendingin) komersial yang berada di Amerika Utara.

AHRI merupakan penggabungan dari dua buah assosiasi besar di tahun 2008, yaitu Air Conditioning and Refrigeration Institute (ARI) dan Gas Appliance Manufactures Association (GAMA).

AHRI mempunyai tujuan untuk membantu menghemat energi, meningkatkan produktivitas dan memastikan terwujudnya lingkungan yang lebih baik. Upaya tersebut dilakukan melalui program sertifikasi, standarisasi, advokasi dan kegiatan lainnya.

Untuk Standar AHRI dikembangkan melalui proses pengembangan, peninjauan dan persetujuan yang dilakukan oleh pakar industri dan para pemangku kepentingan lainnya.

Standar dan guide dari AHRI yang berkaitan dengan standar warna tabung refrigerant adalah "Guideline N-2017 : Assignment of Refrigerant Container Colors".


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel